Wednesday, March 23, 2011

PANDUAN UMUM REFILL TINTA PRINTER

TIPS DAN TRIK. Terdapat berbagai macam dan jenis cartridge inkjet yang ada dipasaran, tergantung merk dan type printer inkjet yang digunakan, oleh karena itu cara refill bisa berbeda untuk setiap cartridge. Namun disini kita akan  menjelaskan cara refill tinta printer secara umum.


Persiapan :

Lepaskan Cartridge dari Printer, hindari kontak tangan dengan metalik chip cartidge ( alangkah baiknya bila anda mengunakan refill clip pada saat melakukan isi ulang cartridge ) kemudian ikuti langkah berikut :

• Cari lubang tempat pengisian tinta, biasanya tertutup oleh label. Buka label dan tutup kembali setelah proses pengisian selesai.
• Apabila tinta belum ada lubang pengisian, buatlah lubang dengan menggunakan bor kecil (3mm)
• Pasang jarum suntik pada suntikan
• Isi jarum suntik dengan tinta

Proses Refill Tinta :

Masukan jarum suntik pada lubang pengisian cartridge sampai ujung jarumnya ± ½ bagian tinggi cartridge ( harus ada gap jangan sampai mentok. ) Injeksi / tekan pelan-pelan suntikan dan ketika tinta terlihat akan  keluar dari lubang cartridge, segera tarik kembali suntikan. Biasanya pengisian tinta black berkisar antara 5 – 8 ml tergantung merk dan type cartridge 


Tutup lubang pengisian dengan karet penutup atau isolatip Sedot / keluarkan kembali tinta antara 0.5 sampai 1 ml.


Bersihkan cartridge dari bekas ceceran tinta dengan dengan tissue dan yakinkan tidak ada kebocoran tinta baik pada head cartridge maupun pada lubang catridge  sebelum cartridge dipasang pada printer
Untuk pengisian tinta warna lakukan hal yang sama dengan menggunakan jarum suntik yang berbeda untuk setiap warna. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi warna setiap selesai mengisi satu jenis warna cartridge harus dibersihkan terlebih dahulu dengan tissue terutama bagian print head sebelum melanjutkan pengisian warna lainya. Isi tinta untuk tiap warna biasanya sekitar 3 ml tergantung merk dan type cartridge ( baca petunjuk manualnya )
 

Setelah selesai proses refill jangan lupa bersikan jarum suntik dengan air hangat sampai tidak ada sisa tinta dalam lubangnya agar bisa dipergunakan dikemuadian hari. Sisa tinta pada lubang jarum sunting akan  mengering jika lama tidak digunakan sehingga terjadi penyumbatan ketika akan digunakan kembali.
 

>Jika cartridge sudah lebih dari 3 kali refill, biasanya busa tempat penampungan tinta pada cartridge sudah jenuh, oleh karena itu sebelum dilakukan proses refill busa tersebut harus diganti terlebih dahulu dengan cara membuka tutup cartridge pakai alat khusus. Dan setelah busanya diganti cartridge di tutup kembali kemudian di lem, keringkan dan lakukan proses refill seperti diatas.



CARA RESET PRINTER

Pada pemakaian printer inkjet setiap aktifitas print biasanya akan selalu diakumulasi hingga batas tertentu, dengan menghitung jumlah print out yang terekam dan diatur dalam sebuah program printer. Dan bila sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka printer akan overload dengan ditandai lampu LED menyala secara bergantian atau disebut dengan BLINKING.

Hal ini dilakukan dengan alasan untuk menjaga kelebihan tinta diluar daya tampung bak tinta dan busa yang terdapat pada bagian bawah printer agar tinta tidak meluber keluar. Bila hal ini terjadi maka printer perlu di reset untuk mengembalikan jumlah perhitungan print out menjadi Nol lagi. Untuk mereset printer bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan software reseter.

Cara Reset Printer Secara Manual

1. Lepas kabel POWER dari printer
2. Tekan tombol "Power On" dan tahan ( jangan dilepas ) kemudian pasang kembali kabel POWER
3. Setelah kabel POWER terpasang ( tombol "Power On" masih belum dilepas) lalu tekan tombol
    Resume 2 kali
4. Lepas semua (tombol Power On dan Resume).
5. Selesai, printer anda sudah bisa digunakan.

Tapi cara reset manual ini punya kelemahan yaitu jika kabel POWER dilepas atau mati listrik, maka anda harus mengulangi lagi prosedur reset diatas jika ingin menggunakan kembali printer anda. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan menggunakan software reset sesuai dengan jenis printer yang akan di reset.


Cara Reset Printer Menggunakan Software Reseter
( Reset Permanen )

1. Cari program software reseter yang sesuai dengan printer anda
2. Sambungkan komputer dengan printer yang akan di reset
3. Install software reseter di komputer anda
4. Jalankan progam Reset printer

Sebelum mereset sebaiknya ganti / bersihkan dulu busa absorber yang ada di bagian bawah printer anda, dengan cara membuka printer, ambil busa, cuci dan jemur hingga kering kemudian pasang kembali sesuai pada tempat semula.

Semoga bermanfaat......

No comments:

Post a Comment

Post a Comment