Sunday, March 20, 2011

CARA MENGENALI BLACKBERRY REFURBISHED

Demam BlackBerry yang melanda tanah air tidak dipungkiri telah membawa gairah baru bagi para penjulal handset. Margin yang cukup besar serta perputaran yang relative cepat ternyata  juga dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menjual BlackBerry dengan kondisi bekas namun seolah-olah baru dan dijual dengan harga baru. Tidak ingin gigit jari karena masalah ini Kuncinya cek dan ricek serta luangkan waktu sejenak untuk melakukan test dan tips berikut ini:


Cara paling aman adalah membeli handset Blackberry bergaransi resmi operator mitra BlackBerry di Indonesia. Bila Anda pelanggan Telkomsel, Anda bisa membeli produk di mitra-mitra resmi Telkomsel. Anda juga bisa membeli di dealer resmi BlackBerry yang  terkemuka,  dengan demikian kita akan tenang karena garansi yang diberikan cukup lama yakni 1 tahun bahkan ada yang 3 tahun.
Jika harus membeli handset BlackBerry di luar operator, perhatikan empat istilah ini:
  • BNIB (Brand New In Box): handset yang betul-betul baru dan masih dalam kemasan dan bersegel
  • 14 hari: handset BlackBerry dalam kemasan yang sudah tidak bersegel lagi dan  sudah terbuka. Biasanya barang ini adalah unit baru, tapi dikembalikan oleh pembelinya karena sesuatu alasan.
  • Refurbished : handset BlackBerry bekas yang dikemas ulang dengan casing, box dan perlengkapan lainnya sehingga seperti unit baru.
  • Bekas/Second: Handset BlackBerry yang sudah pernah dipakai sebelumnya.
Dalam hal ini, kita harus menanyakan kepada penjual status dari handset BlackBerry yang ingin dibeli, dimana status dari handset BlackBerry ini akan menentukan harga jualnya.
Pastikan PIN dan IMEI yang ada di handset BlackBerry sama dengan PIN dan IMEI yang ada di kardus pembungkus. Untuk melihat PIN dan IMEI yang ada di  handset BlackBerry  bisa dilihat di stiker yang ditempel di bagian belakang setelah batere dilepas, atau nyalakan handset liat menu Option-Status / Alt+Cap+ H.

Apabila berniat membeli handset BlackBerry bekas pastikan PINnya sudah bebas dan BlackBerry dalam posisi unlock. Untuk memastikan apakah BlackBerry dalam kondisi lock/unlock bisa dilakukan dengan masuk ke menu ‘Option-Advanced Option-Simcard’. Setelah terbuka menunya ketik ‘MEPD’, apabila BlackBerry dalam kondisi unlock maka semua pilihan yang ada didalam menu ini dalam posisi ‘Disabled’

Untuk mengecek Blackberry benar-benar baru dan bukan refurbished/bekas, setelah dihidupkan pertama kali langsung masuk saja ke menu ‘Option-Status’ kemudian ketik ‘BUYR’. Di menu ini akan muncul ‘Data Usage’ dan ‘Voice Usage’. Untuk  handset yang baru maka Data Usage’ dan ‘Voice Usage’ akan berisi angka 0 (nol) atau angka yang mendekati 0 (nol),  misal baru 2.5 kb (tergolong masih sedikit), kemungkinan dibuka untuk kebutuhan unlock, dan lain sebagainya.
(republika.co.id)

No comments:

Post a Comment