Thursday, February 10, 2011

MERAWAT NOTEBOOK

Saat ini notebook bukan lagi merupakan barang langka dan mewah.  Bahkan seiring kemajuan teknologi, menurut saya notebook sudah menjadi suatu kebutuhan.  Karena notebook merupakan barang portable maka perawatannya pun berbeda dengan merawat PC/Komputer.  Berikut ini beberapa cara untuk MERAWAT NOTEBOOK kesayangan anda :


1. Yang harus diperhatikan dalam merawat notebook adalah bahwa notebook jangan sekali-kali anda samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk notebook kalau bisa jangan sampai di gunakan berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda, kalau desktop memang didesain digunakan berjam-jam kalau notebook didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile dan bersifat mendesak atau tidak mengenal tempat untuk bekerja. Kalau ada komputer desktop ada baiknya lebih baik menggunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor.

2. Agar notebook dapat awet pastikan notebook selalu pada kondisi yang aman dari panas,ventilasi aliran udara kipas yang bagus dikarenakan notebook sangat rentan terhadap debu dan panas, banyak masalah notebook yang terjadi dikarenakan masalah panas ini. Jangan gunakan notebook di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut dikarenakan permukaan yang lembut mengakibatkan ketika notebook diletakkan diatasnya akan menutup aliran udara pada bawah notebook sehingga notebook akan menjadi panas karena tidak ada aliran udara.Ini juga berpengaruh kepada kerusakan pada kipas notebook maupun hardisk notebook.Selain itu jangan juga menaruh notebook di lantai,karena permukaan lantai yang sedikit kasar juga dapat merusak dan menggores permukaan bawah notebook anda serta kipas juga dapat menyedot debu-debu yang terdapat pada lantai.

3. Agar baterai dapat awet untuk pemakaian yang lama dan kecenderungan listrik stabil tidak mati hidup,lebih baik baterai dilepaskan saja agar baterai tidak diisi terus oleh listrik, dan jangan paksakan baterai dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan notebook dimatikan atau segera dicharge jangan sampai menunggu mati sendiri karena kehabisan batere. Kalau bisa ketika mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya notebook memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda penuh atau tidaknya baterai sebuah notebook.

4. Gunakan cover atau pembungkus notebook (tas notebook) agar notebook tidak rusak karena terbentur apabila dibawa.Usahakan cover maupun tas notebook agar sesuai dengan ukuran notebook anda,karena tas atau cover yang sedikit sempit pun juga dapat menggores permukaan notebook. Begitu pun sebaliknya,tas yang terlalu kebesaran dari ukuran notebooknya juga dapat tergoyang-goyang karena ruang yang kosong pada tas tersebut,dan dapat berakibat membuat hardisk anda terkocok-kocok dan rusak.Selain itu juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD anda.

5. Gunakan software-software yang aman dari virus agar kita tidak selalu dipusingkan dengan install ulang dikarenakan selalu kena virus. Selalu gunakan anti virus yang baik serta sering di update.

6. Jaga baik-baik master program bawaan dari notebook anda karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari driver-driver notebook anda tersebut.

7.Gunakan screen protector untuk melindungi layar lcd anda dari debu dan sinar ultra violet.

8. Gunakan pelapis keyboard yang terbuat dari karet silicone untuk melindung keyboard anda dari debu, cairan tumpah dan lain sebagainya.

9. Gunakan skin notebook untuk melindungi permukaan notebook anda goresan-goresan.Biasanya skin notebook tersedia dengan berbagai ukuran serta pilihan gambar yang banyak sesuai dengan keinginan anda.

10. Bersihkan notebook anda baik itu keyboard, lcd maupun permukaan notebook anda dengan kain yang lembut secara rutin minimal seminggu sekali.Hal ini bertujuan untuk membersihkan debu-debu yang melekat pada notebook anda.

11. Apabila keyboard anda kemasukan debu,gunakan vacum cleaner yang dikhususkan untuk elektronik yang bertujuan menyedot debu tersebut.Biasanya vacum cleaner tersebut langsung di colokkan ke port USB.Apabila tidak dibersihkan akan dapat menghalangi tuts keyboard pada saat di pencet,dan juga dapat berakibat fatal keyboard anda rusak.

12. Apabila keyboard anda ketumpahan cairan segeralah bersihkan dengan kain yang lembut,setelah itu keringkan dengan hair dryer.

13. Jangan mematikan notebook langsung dengan mencabut baterainya,hal ini dapat merusak tekanan pada notebook dan juga dapat merusak processor,maupun hard disk anda.

14. Apabila notebook anda terdapat kerusakan,jangan sekali-sekali anda membukanya sendiri atau berusaha membetulkannya sendiri.Lebih baik serahkan dan servicelah ke tempat resmi dimana anda membeli notebook tersebut.Ada baiknya langsung service ke tempat service center dari notebook anda.

15. Jangan meletakkan benda-benda diatas permukaan notebook, karena tekanan yang diberikan dari benda tersebut dapat merusak komponen-komponen notebook anda.
                                    

Demikianlah sedikit cara merawat notebook, semoga bermanfaat...

(credit to : altri palembang)

No comments:

Post a Comment